Total Tayangan Halaman

Selasa, 30 April 2013

PENGARUH CAHAYA TERHADAP TINGKAH LAKU IKAN


PERTANIAN.jpgNama : Anggi Kurniasih
Nim     : 4443111749


PENGARUH CAHAYA TERHADAP TINGKAH LAKU IKAN

Tujuan :
1)    Mengetahui tingkah laku ikan terhadap cahaya lampu.
2)    Mengetahui cahaya yang di suka ikan

Pendahuluan
Tingkah laku ikan sangat dipengaruhi oleh cara ikan beradaptasi dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut diwujudkan dalam bentuk gerakan tubuh baik dari dalam maupun dari luar tubuh ikan. Salah satu organ yang berperan dalam membentuk tingkah laku ikan terhadap lingkungan adalah mata. Organ mata pada dasarnya mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu bekerja dengan pengaruh cahaya, yang membedakan adalah ada mata yang peka terhadap cahaya terang ada pula mata yang peka terhadap cahaya gelap. Kedua sifat ini berkaitan dengan waktu keaktifan ikan. Ikan yang peka terhadap cahaya terang cenderung aktif bergerak di siang hari dan disebut ikan diurnal, sedangkan ikan yang peka terhadap cahaya gelap disebut ikan nocturnal karena ikan ini aktif bergerak di malam hari (Fujaya, 2004).
Menurut Fujaya (2004), Sebagaimana ilmu-ilmu terapan yang lain, pengembangan ilmu dan teknologi perikanan sangat ditentukan oleh pengetahuan dasar yang memadai, antara lain fisiologi. Fisiologi salah satu cabang biologi yang berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan dapat lebih mudah dipahami, bila organisasi dan fungsi sel diketahui. Lebih mendalam fisiologi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari fungsi, mekanisme dan cara kerja organ jaringan dan sel-sel organisme.
Mata semua mahluk hidup terbentuk dari acuan yang sama, namun bentuknya beranekaragam seperti halnya beraneka ragam habitat kehidupan di bumi kita ini. Ada mata yang gunanya untuk melihat di malam hari, ada pula mata yang gunanya untuk melihat siang dan malam hari, serta ada pula mata yang hanya mampu pada siang dan malam hari. Beberapa hewan menggunakan mata mereka sebagai alat untuk pertahanan diri dan juga untuk berburu mangsa (Aristi, 2010).
Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, dalam praktik ini menggunakan ikan nila yang kecil untuk pengujian tingakh laku ikan dengan ikan mas kio, selama 15 menit yang di lakukan. Dengan 3 cahaya lampu yaitu merah, kuning, biru, dan jenis ikan nila, ikan mas kio di dalam satu aquarium menjadi satu. Maka akan terlihat pada setiap menit ikan akan berubah tingkah lakunya.
Ikan mas koi adalah sejenis ikan mas hias yang sangat kecil dan yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Selain itu "ikan mas punten" dan "ikan mas majalaya" merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Langkah Kerja
Dalam praktikum ini langkah kerja yang harus di lakukan adalah pertama siapkan ikan nila dan ikan mas koi 5 ekor masing-masing kelompok kemudian siapkan aquarium yang sangat besar dan di dalam aquarium itu ada 3 tempat untuk lampu yang merah dan biru, kuning, lalu di isi air setegah aquarium tersebut. Setelah itu di pasang lampu di setiap tempat yang susad di sediakan lampu pertama biru dan lampu ke dua merah dan yang ketiga berwarna kuning.
 Lalu masukan ikan mas koi dan ikan nila lampu ruagan Leb di matikan, kemudian lampu yang tadi sudah di pasang kemudian di hidupkan. Setelah semua selesai kemudian amati setiap 1 menit dan lihat ikan akan terkumpul di lampu yang mana maka setelah 1 menit hitung ikan yang ada di permukaan,dasar dan kolom sampe seterusnya selama 15 menit dengan mengamati setiap 1 menit sekali, ada berapah ikan yang ada di permukaan, dasar dan kolom.
Setelah itu ada beberap orang yang menghitung di lampu biru dan kuning serta merah, kemudian di masukan ke data yang akan di bahas, dengan dua jenis ikan yang berbeda dan 3 lampu yang berbeda juga maka akan terlihat ikan lebih tertarik pada lampu yang mana dengan kata lain lampu itu lah yang di sukai oleh ikan dan, seberapa besar ikan yang sering ke permukaan dalam 1 menit dan yang di dasar  dengan yang di kolom juga sama seberapah % ikan aka nada di ke 3 tempat tersebut.
Setelah di dapat data selama 15 menit lalu data tersebut di masukan ke Microsoft excel data yang sudah masuk, kemudian data itu di salin ada lampu merah, biru dan kuning dengan pembagian 3 tempat permukaan, dasar, kolom. Maka akan terlihat rata-rata yang di dapat dari ketika tempat tersebut, kemudian buatlah grafik dari data tersebut. Setelah semuanya beres maka di copy ke Microsoft word lalu bahas.

Hasil dan Pembahasan
Hasil yang di dapat setelah mengamati tingkah lalu ikan grafiknya sebagai berikut :


Gambar 1 tingkal laku ikan dengan jenis ikan mas koi


           
Setelah melihat data grafik tingkah laku ikan mas koi pada dasarnya lebih efektif di siang hari di banding pada malam hari karena mereka lebih menyukai tempat yang dasar di bandingkan tempat permukaan dan kolom. Ikan yang peka terhadap cahaya terang cenderung aktif bergerak di siang hari dan disebut ikan diurnal, sedangkan ikan yang peka terhadap cahaya gelap disebut ikan nocturnal karena ikan ini aktif bergerak di malam hari (Fujaya, 2004).
Dan lebih cenderung menyukai lampu kuning di banding lampu merah dan biru karena warna kuning lebih terpancar cerah di banding lampu merah dan biru dalam data di setiap 1 menit pun mengalam hal yang sama karena ikan lebih mengumpul pada dasar lampu kuning dengan jumlah ikan yang sangat bayak, dengan demikan pula ikan nila.
Lampu merah haya setegahnya saja ikan mas koi ini berada di lampu merah dan lebih ke pada lampu kuning. Dengan setiap 1 menit penghitugan jumlah ikan pada lampu merah hasil rata-ratanya pada dasar 6.4 % berada pada warna merah. Lampu biru hampir sama dengan lampu merah, karena sedikit ikan yang menyukai warna lampu biru bisa di lihat dari hasil rata-rata ke 3 tempat permukaan 0,8, kolom 2,3  dan dasar 6,0.

Hasil Ikan Nila
Pada hasil tahapan ini dalam tingkah laku ikan pada ikan nila dalam bentuk grafik adalah sebagai berikut :


Gambar 2. Tingkah laku ikan nila terhadap cahaya lampu
Dalam grafik ini sebenarnya sama saja dengan hasil grafik 1 karena hasil yang di dapat juga lebih dominan ke warna kuning sebab ikan nila dan ikan mas koi lebih menyekai warna kuning ketimbang warna merah dan biru , bisa di lihat dari grafik 1 lebih dominan tertinggi di warna kuning dan grafik 2 juga sama lebih tinggi di warna kuning di tempat dasar. Untuk ikan nila sendiri lebih bayak di warna kuning hampir setegah ikan nila itu berada di bawah lampu kuning dengan rata-rata ikan yang berkumpul di bawah lampu kuning sekitar 8,6 % ikan ada di lampu warna kuning.
Dengan permukaan relative sedang berkumpulnya ikan rata-rata ikan yang berkumpul di warna merah 1 % , kolom 3 % dan dasar 6,2. Karena warna biru tidah terlalu dominan untuk ikan di malam hari, lebih ke warna kuning dalam hal ini mungkin ikan lebih tertarik ke warna kuning karena lebih cerah dan spekturum warnanya juga mempengaruhi tingkah laku ikan yang aktif pada malam hari. Ikan yang peka terhadap cahaya terang cenderung aktif bergerak di siang hari dan disebut ikan diurnal. (Fujaya, 2004).
Walaupun tingkah laku ikan mudah diamati tetapi tidak mudah untuk
mempelajarinya karena diperlukan perencanaan yang hati-hati untuk mengamati
bagian-bagian dari tingkah laku yang menjadi tujuan pengamatan (Noakes and Baylis, 1990).

Kesimpulan
Dalam kesimpulan ini dapat di ketahui tingkah laku ikan di malam hari dengan cahaya lampu warna biru, kuning, merah itu lebih dominan ke warna kuning karena warna kuning lebih di sukai oleh ikan, ketimbang warna merah dan biru. Dari hasil praktikum dengan sempel dua ikan adalah ikan mas koi dan ikan nila dalam hal ini ikan ke dua jenis ini lebih menyukai waran kuning dan bertempat dominan dasar.
Data hasil ikan mas koi di warana lampu kuning di dasar 7,8 % dan di kolom 2,3 % di permukaan sekitar 1,4 yang ada di permukaan. Dan ikan nila dengan dasar 8,6, kolom 2,6 dan permukaan 2,8. Dengan hasil ini maka sudah terlihat bahwa ikan lebih menyukai warna kuning.

Daftar Pustaka

Anonim 1 ikan Nila dan ikan Mas koi

Anonim 2 cahaya 

Muhamad Sulaiman 2003 jurnal Tingkah Laku Ikan di akses pada tanggal 03 – April – 2013

2 komentar:

  1. bagaimana respon ika trhadap cahaya pad umumya. tolong bagikan ikan yang berfototaxis positif dan Fototaxis negatif.teriamaasih

    BalasHapus